Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

Hadroh Putri PP Al-Istiqomah, Berhasil Borong Juara Dalam Sehari Di Dua Ajang Berbeda

Personil Hadroh Dliya'ul Musthofa

Dliya'ul Mustofa merupakan grup hadroh putri kebanggaan Pondok Pesantren Al-Istiqomah yang semenjak dibentuknya telah menyumbang banyak prestasi untuk pesantren kembali berlaga di dua ajang perlombaan sekaligus pada Ahad, 5 Maret 2023. Pertama, grup hadroh Dliya'ul Mustofa menampilkan sholawat Assalamu'alaik dan Robbi Kholaq Toha pada perlombaan hadroh yang diadakan warung makan ASLI, Kutowinangun, Kebumen dengan menyabet nilai paling tinggi dan lolos ke babak final yang akan dilaksanakan pada 19 Maret 2023 mendatang.

Usai berlaga di Kutowinangun, Dliya'ul Mustofa melanjutkan berlaga dalam festival hadroh tingkat Jawa Tengah di pondok pesantren As-siddiqiyah, Bojongsari, Alian, Kebumen dalam rangka memperingati Ikhtitam Akhirussanah dan harlah satu abad NU . Dibimbing oleh para personil grup hadroh Badrul Musthofa yang merupakan grup hadroh senior di pondok pesantren Al Istiqomah, Grup Hadroh Dliya'ul Mustofa menampilkan sholawat An-Nahdliyah, Addinu Lana dan Syaikhona (yang telah divariasikan) dengan baik hingga berhasil meraih Juara 2 dalam festival tersebut mengalahkan 22 peserta lainnya dari seluruh provinsi Jawa Tengah. Juara pertama yang diraih oleh grup hadroh Az-Zaid dari Cilacap menunjukkan bahwa grup hadroh Dliya'ul Mustofa menempati posisi grup hadroh terbaik dari Kebumen dalam ajang festival hadroh tersebut. 

Diantara personil hadroh Dliya'ul Musthofa adalah Hikmatul Munasiroh, Dewi Karomatul Hikmah, Faizatun Hasanah, dan Sofiatul Ngazizah sebagai Vokal. Nurul Nazilah, Nayla Sabiluna Kamil, Fathonah Khoirunnisa, Laela Zaskia, Eka Nur Cahyaningsih, Selviana Khoirunnisa, dan Yolandra Arista sebagai perkusi. Mereka berharap dapat terus berinovasi dan berkarya untuk meraih prestasi dan kejuaraan lain kedepannya sehingga bisa semakin mengenalkan Pondok Pesantren Al Istiqomah kepada masyarakat. 

K. Ali Iqbal M.Pd.I yang merupakan pelopor terbentuknya Grup Hadroh Badrul Musthofa 2013 silam turut bangga dan berbahagia atas pencapaian ini. Beliau berpesan agar terus berkarya dan berinovasi, karena pertimbangan utama dalam penilaian perlombaan hadroh adalah variasi vokal dan perkusi yang up to date.


    "Tapi Juara 2 itu masih harus ditingkatkan lagi, usahakan untuk kedepannya bisa juara satu di tingkat Jateng DIY bahkan juara satu di tingkat nasional. Event seperti festival hadroh ini, juga lomba-lomba yang lain adalah publikasi pondok terhadap masyarakat secara langsung" Pungkas K. Ali Iqbal dalam komentar beliau. 


Hingga kini terdapat 8 grup hadroh yang telah terbentuk dan terus berregenerasi dipondok pesantren Alistiqomah, mulai dari yang tertua, yaitu Badrul Musthofa (putra), Asyiqil Musthofa (putra), Dliya'ul Musthofa (putri), Syauqul Musthofa (putra), Nurul Mujtaba (putri), Badrul Musta'in (putra), hingga yang terbaru dan termuda dari kelas unggulan (ekstrakurikuler) di MTs YAPIKA yaitu Grup Hadroh Nurul Musthofa (putra) dan Thulu'ul Musthofa (putri). 


_Naila Sabiluna Kamil

Redaksi 99 YAPIKA_

PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

Post a Comment for "Hadroh Putri PP Al-Istiqomah, Berhasil Borong Juara Dalam Sehari Di Dua Ajang Berbeda "

Pojok YAPIKA