Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

MTs YAPIKA Borong Juara Dalam Seminggu di Beberapa Ajang Berbeda

       


Terlepas dari pentingnya pendidikan akademik dan karakter untuk memupuk pertumbuhan generasi muda Indonesia sejak dini, pengembangan potensi bakat seorang anak di luar pendidikan akademik dan karakternya tak kalah penting untuk diperhatikan dan ditangani dengan baik. Sepertihalnya yang pernah Ki Hajar Dewantoro singgung dalam satu ucapannya.

"Amongsystem kita yaitu: menyokong kodrat alamnya anak-anak yang kita didik, agar dapat mengembangkan hidupnya lahir dan batin menurut kodratnya sendiri-sendiri. Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu."

     Hal ini nampaknya disadari oleh kepala Madrasah Tsanawiyah YAPIKA, Bapak Ali Iqbal M.Pd.I yang belakangan ini sangat gencar dan bersemangat dalam mengembangkan potensi bakat nonakadenik anak didiknya. Beliau memandang MTs YAPIKA mempunyai banyak siswa-siswi berpotensi yang harus diperhatikan, diwadahi, dan diolah bakatnya agar dapat berkembang hingga bisa menjadi ahli di bidangnya masing-masing.

      Dimulai dari tahun ajaran baru 2022-2023 Madrasah Tsanawiyah YAPIKA mengadakan banyak ekstrakurikuler dan kelas unggulan sekaligus yang ditangani dan dikontrol dengan baik oleh beliau K. Ali Iqbal M.Pd.I dan dewan guru MTS YAPIKA. Diantaranya ada ekstrakurikuler dan kelas unggulan sains (IPA, IPS, dan Matematika), bahasa (Indonesia, Inggris, Arab) , seni, dan tahfidz, kaligrafi, hadroh, pramuka, menjahit, pencak silat, sepakbola/futsal, dan badminton. 

     Berkat perhatian dan penanganan serius beliau terhadap pendidikan luar kelas atau pengembangan potensi bakat melalui ekstrakurikuler dan kelas unggulan tersebut, beberapa siswa siswi MTS yapita telah sukses mengharumkan nama Yayasan khususnya Madrasah Tsanawiyah sendiri dalam satu tahun terakhir ini.

        Prestasi yang terbaru diraih oleh siswa yang bernama Ahmad Mughni Lanun pada Sabtu, 11 Maret 2023 yang lalu. Ia berhasil menyabet Juara 3 lomba MTQ dalam ajang MAPK Fair tingkat Nasional di Surakarta, Jawa Tengah setelah sebelumnya melalui batas penyusunan dalam bentuk kalimat video, mengalahkan peserta dari SMP/MTs lain di lingkup Nasional. Menyusul pencapaian tersebut, pada Rabu 15 Maret 2023 beberapa siswa dan siswi MTs YAPIKA berhasil memenangkan kejuaraan pada tiga cabang perlombaan sekaligus dalam ajang perlombaan ALEA#3 MAMAWA FEST 2023 (Ajang Festival Seni & Literasi Inggris Arab Ma An-Nawawi, Mberjan, Purworejo) tingkat Jateng-DIY. Mereka adalah Syadza Syahmina Zahidah peraih Juara 2 cabang lomba pidato bahasa Inggris, Atina Rizki Fitriani peraih Juara 3 cabang lomba pidato bahasa arab, Fathan Sulthani, M Mahfudz Al Mabrur dan Nalia Mitfa Zahra peraih juara 3 cabang lomba MSQ (Musabaqah Syarhil Quran). Mereka juga terlebih dahulu mengupload tayangan Video Lomba di Youtube untuk lolos babak penyisihan.

     Dari keterangan Kyai Ali Iqbal sendiri, beliau menyayangkan lomba baca puisi yang belum berhasil juara dalam festival tersebut "Feel sama tampilannya sudah dapat, cuma teks dan penguasaan materi saja yang kurang", ungkap beliau, karena dari peserta sendiri, Siti Khamidatul Khoiriyah semasa SD juga seringkali menjuarai perlombaan pidato dan baca puisi. Suasana dan tempat lomba yang kurang kondusif dikarenakan pertunjukan Band di lapangan juga berdampak mengurangi performa penampilan peserta MSQ dari MTS YAPIKA, yang walaupun telah meraih Juara 3, namun masih berpotensi menjadi Juara 1 jika suasana lebih kondusif. 


       "Semoga dalam perlombaan ke depannya suasana dan tempat bisa lebih kondusif, juri lebih objektif, siswa-siswi MTS YAPIKA juga lebih kita olah dan kita gali potensinya sehingga bisa meraih posisi terbaik di lomba-lomba selanjutnya dan akan semakin banyak meraih juara dalam berbagai cabang lomba lainnya". Harap K. Ali Iqbal M.Pd.I sebagai penutup keterangan beliau. 



-Al-Istiqomah Media

PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

Post a Comment for "MTs YAPIKA Borong Juara Dalam Seminggu di Beberapa Ajang Berbeda"

Pojok YAPIKA