Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

Hadroh PP Al-Istiqomah Petanahan Berhasil Borong Juara Dalam Sehari Semalam Pada Dua Ajang Berbeda


 

Kesenian islami yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kalangan santri khususnya dan kalangan umat muslim umumnya. Ya, kesenian hadroh merupakan seni islam yang sangat populer dan memiliki aneka ragam jenisnya. Ada hadroh klasik, modern, campuran, banjari dll. Pondok pesantren Al-Istiqomah juga tak surut pandang dalam melestarikan kesenian tersebut agar tetap eksis dan tidak kalah saing. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peraihan juara oleh hadroh dari pondok pesantren Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan baik hadroh putra maupun putri secara berturut-turut. Sore tadi (31/10) mendapat kabar juara dari perlombaan yang diselenggarakan oleh DPC PPP Kebumen dan malamnya mendapatkan pembagian juara dari Lomba Hari Santri Nasional yang diselenggarakan oleh RMI-NU Kebumen.

Ajang yang pertama adalah kemarin saat perayaan Hari Santri Nasional yang diselenggarakan antara beberapa pihak seperti Rabithah Ma'had Islamiyah (RMI) NU Kebumen, PCNU Kebumen, dll. Pada ajang tersebut, Hadroh Putri Al-Istiqomah berhasil menyabet juara 1 sedangkan Hadroh putra menyabet juara 3. Lomba hadroh yang diikuti oleh berbagai pondok pesantren maupun lembaga-lembaga islam di Kabupaten Kebumen itu hanya dipilih 3 besar baik putra maupun putri tidak dibedakan alias digabung. Juri yang menilai pun tak tanggung-tanggung didatangkan dari Kudus dan merupakan Vokalis hadroh yang sangat populer yaitu Gus Alif. Selain itu juga beberapa vokalis hadroh handal dari Kabupaten Kebumen yang telah dipilih ketat oleh panitia agar senantiasa sportif dan profesional.



            Pada ajang selanjutnya, belum genap sepekan setelah pengumuman ajang yang pertama, hadroh Al-Istiqomah kembali mengikuti Lomba Hadroh yang diselenggarakan oleh DPC Partai PPP atau Partai Persatuan Pembangunan pada Ahad, 31 Oktober 2021 yang dimulai pagi hari hingga sore. Setelah selesai perlombaan, panitia tak lama langsung mengumumkan hasil perlombaan yang ternyata lagi-lagi dimenangkan oleh Hadroh Pondok pesantren Al-Istiqomah Putra yang meraih juara 2. Meskipun hanya sebagai runner up, akan tetapi hal tersebut merupakan sebuah peningkatan yg bagus karena di ajang sebelumnya hadroh putra hanya meraih juara 3.sedangkan untuk hadroh putri berhasil meraih juara 1 pada ajang Hari Santri Nasional 2021. Namun naasnya pada ajang kedua yang diselenggarakan oleh DPC tersebut, hadroh putri belum beruntung meraih juara satu hingga tiga.

Juara kali ini bukan kali pertama dimenangkan oleh hadroh Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan. Pasalnya sejak 2014 Hadroh Al-Istiqomah sebenarnya sudah sering mengikuti kegiatan perlombaan baik tingkat kabupaten maupun nasional, baik putra maupun putri. Akan tetapi dahulu dan sekarang para personilnya telah mengalami regenerasi yang jauh berbeda. Jika dulu langsung didampingi dan diikuti oleh beliau Gus Ali Iqbal M.Pd.I selaku penangungjawab dan putra dari Almukarom KH Amin Rosyid Ba, namun kini kebanyakan diikuti oleh kami yang bergenerasi sangat muda dan jauh umurnya dari beliau. Bahkan hadroh Al-Istiqomah telah berkembang tidak hanya satu group namun telah terbagi menjadi 3 group, yaitu Badrul Musthofa Kebumen, Dliyaul Musthofa dan yang paling muda adalah Syauqul Musthofa.

Perkembangan ini diharapkan nantinya agar tetap melestarikan kesenian islami tersebut agar senantiasa aktif dan terus berkarya melalui lagu-lagu maupun senandung sholawat Nabi Muhammad SAW seperti jargon yang sudah disepakati bersama sejak dulu yaitu #terusngaji #terussholawat dan #terusberkarya.


- MS Jamaludin -

PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

1 comment for "Hadroh PP Al-Istiqomah Petanahan Berhasil Borong Juara Dalam Sehari Semalam Pada Dua Ajang Berbeda"

Pojok YAPIKA