Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

RAKOR LDNU KEBUMEN DI PP AL-ISTIQOMAH, BAHAS TUNTAS PROKER BULAN SUCI RAMADHAN 1442 H


   GUNA menyongsong hadirnya bulan suci Ramadhan tahun 1442 Hijriyah kali ini, Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama lingkup PCNU Kebumen melakukan koordinasi beberapa program kerja  yang bertempat di Pondok Pesantren AL-Istiqomah Petanahan Kebumen pada Hari Jumat kemarin (19/3). Rapat tersebut di buka oleh KH Ahmad Mufid, S.Ag., M.Pd selaku tuan rumah sekaligus pengurus LDNU Kebumen. “Di masa pandemi COVID 19 ini, perlu agar tetap memantapkan program-program kerja  dengan berjalan semaksimal mungkin sesuai protocol yang ada”, ungkap KH Ahmad Cholid Fikri S.Ag., M.Pd.I saat memimpin jalannya rapat tersebut.

    Beberapa program yang dicanangkan diantaranya yaitu Nunggu Bedug di Bulan Ramadhan, Penerbitan Buku Khutbah, Jamiyyah Ruqyah ASWAJA (JRA) serta orientasi Kader Da'i ASWAJA NU. Program kerja Nunggu Bedug merupakan sebuah program kultum ataupun tausyiah yang diadakan sebelum berbuka puasa atau menjelang maghrib. Kegiatan ini dicanangkan melalui siaran beberapa media seperti TV maupun radio yang  ada di Kebumen. Sebagai partner utama rencana program Nunggu bedug tersebut yaitu bekerja sama dengan stasiun Ratih TV Kebumen dan Radio YAPIKA FM 107.8 dalam proses penyiarannya.

Program kedua yaitu penerbitan buku khutbah di bulan Ramadhan. Guna memaksimalisasi manfaat oleh pembaca, baik para khotib maupun masyarakat umum,  penerbitan  buku khutbah ini akan menggunakan dua bahasa utama yaitu bahasa Jawa dan Bahasa Indonesia. Sebelum penerbitan buku khutbah ini, LDNU akan melakukan bimtek kepada penulis yang terpilih agar dapat memaksimalisasi hasil yang diharapkan nantinya. Rencananya, penerbitan buku khutbah ini akan dicanangkan mulai dari tanggal 1 sampai tanggal 20 Romadhon sebanyak 460 Eksemplar.

    Salah satu program kerja yang fundamen yaitu proker JRA atau Jamiyyah Ruqyah ASWAJA. Program ini merupakan salah satu ujung tombak dakwah ASWAJA dalam bidang kesehatan dan pengobatan. Sehingga para pengurus LDNU Kebumen menganggap perlu untuk membumikan kegiatan Ruqyah tersebut khususnya bagi Jamiyyah Nahdlatul Ulama dan umumnya bagi umat islam seluruhnya.

Program ke-empat yang dicanangkan dalam koordinasi tersebut yaitu Orientasi Kader Da'i ASWAJA NU sebagai generasi penerus di masa depan. Bekerjasama dengan Ibu Syifa Hamama M.S.I selaku Kaprodi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas IAINU Kebumen, LDNU memiliki target di tahun 2021 untuk mencetak kader Da’i Muda ASWAJA NU. Diantara tujuan yang diharapkan dengan adanya Da’i tersebut yaitu mampu mengembangkan syiar ASWAJA NU sebagai generasi muda di era milenial ini.

    Selain keempat program utama di atas, koordinasi yang dilakukan di kediaman KH Ahmad Mufid S.Ag., M.Pd di kompleks Pon-Pes Al-Istiqomah tersebut juga mencanangkan beberapa kegiatan perlombaan dalam menyemarakkan HARLAH NU yang ke-95 lalu seperti lomba dakwah virtual, pembacaan kitab kuning, dan menyanyikan lagu Ya Lal Waton. Kendati demikian, karena waktu yang belum memungkinan dalam melanjutkan koordinasi, oleh karenanya kegiatan lomba tersebut belum dibahas lebih detail. “Harapannya, semua program yang telah direncanakan tersebut bisa terlaksana dengan maksimal sehingga mampu membawa keberkahan dan manfaat bagi umat”, pungkas KH Ahmad Mufid S.Ag., M.Pd sesaat sebelum menutup kegiatan koordinasi tersebut.


-Alistiqomah Media-

PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

Post a Comment for "RAKOR LDNU KEBUMEN DI PP AL-ISTIQOMAH, BAHAS TUNTAS PROKER BULAN SUCI RAMADHAN 1442 H"

Pojok YAPIKA