Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

Paving Plastik Kreasi Santri PonPes Al-Istiqomah Tanjungsari, Petanahan, Kebumen

 Paving plastik kreasi santri

-Al-Istiqomah Media-




    Melihat banyaknya sampah plastik yang berserakan KH. Ali Mu'in Amnur Lc. Mpdi selaku Pengasuh PonPes Putra Al-Istiqomah berinisiatif untuk mengumpulkan sampah plastik (kresek) untuk dijadikan Paving atau Kramik plastik."Kita perlu memanfaatkan sampah-sampah plastik yang berserakan agar lebih bermanfaat" Ujar beliau, "Seperti membuat paving dari limbah plastik" lanjut beliau. Hari Sabtu, 20 Maret 2021 lalu saat kami datang ke tempat pembuatan paving plastik terlihat para santri sibuk dengan mengolah bahan plastik untuk di jadikan paving. Jadi untuk memperbaiki lingkungan dengan mendaur ulang plastik habis pakai menjadi paving block. 

    Berbagai upaya pun dilakukan untuk mengatasi sampah plastik.Sebabnya kalau sampah plastik hanya di kubur atau dibakar lalu di kubur itu masa penguraian sampah plastik bisa sampai seratus tahun sehingga perlu di manfaatkan yaitu dengan dijadikan Paving block. Disini para santri pun berkreasi dengan mencoba membuat keramik plastik yang dikhususkan untuk kamar mandi. Salah satunya usaha untuk mengurangi banyaknya sampah plastik yaitu kembali mendaur ulang menjadi barang yang lebih bermanfaat. Satu di para santri yang mengolah juga mengola sampah yaitu Mas Hadik dan juga santri-santri yang lain.Melihat antara banyaknya sampah-sampah yang berserakan membuat Santri PonPes Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan bergerak untuk membersihkan sampah-sampah pembuangan.Di sini juga santri botol plastik dan sampah lainnya yang dapat dimanfaatkan juga dapat dijadikan uang, tempat pembuangan sampah (TPS).


    Dalam pembuatan paving plastik ini, KH. Ali Mu'in Amnur Lc. Mpdi juga memperbolehkan semua santri yang karep untuk ikut membuat paving plastik. Beliau juga pernah menyatakan bahwa pembuatan paving plastik ini juga sebagai salah satu kegiatan santri. selain mengaji santri juga diharapkan dapat berinovasi dan membuat kreasi santri sehingga ketika terjun di masyarakat bisa ada banyak manfaatnya tidak hanya bisa mengaji tetapi juga berkreasi. Paving block ini merupakan salah satu solusi menumpuknya sampah di lingkungan PonPes Al-Istiqomah Tanjungsari, Petanahan yang didominasi plastik pembungkus makanan. Selain itu, ada efek ekonomi dari penjualan barang daur ulang.

     Sebagai salah satu kegiatan dan berkreasi santri. Dalam pembuatannya pun sewaktu-waktu selain santri saat siang hari bersekolah juga pembuatan atau pembakaran plastik di siang hari mengganggu mereka yang sedang belajar, sehingga pembuatannya di malam hari. Dalam pembuatan paving plastik ini pun di waktu malam di batasi maksimal sampai jam 23:00. "Salah satu kendalanya adalah bahannya atau pun plastiknya yang minim soalnya perlu plastik yang kering karena hujan hasil cetakannya minimal" Ujar Mas Hadik, "Dalam sehari minimal memproduksi tiga buah paving, soalnya untuk satu paving membutuhkan plastik satu karung" lanjutnya. Dia menjelaskan Untuk harga dipatok Rp5.000 sampai Rp6000 per buah, Memang jika dibandingkan paving berbahan dasar plastik lebih mahal, namun orientasinya bukan bisnis, utamanya adalah bersinergi dengan lingkungan.

    "Rancangan kami kedepannya paving ini akan di tambah hiasan atau motif sehingga ada nilai seni dan estetikanya" ungkap Mas Hadik, "kami juga sudah menggunakan dua cara pertama menggunakan alat prees dan juga menggunakan manual, hasilnya pun berbeda", lanjutnya. "Semua bahan dan alat menggunakan bahan seadanya baik bahan bakar pun menggunakan limbah Ban motor atau mobil seadanya juga alat pencetakan semua tidak menggunakan semua mesin dari bahan sampah" jelas Mas Hadik.

    "Menurut saya dengan kegiatan pembuatan paving plastik yang menjadikan kami lebih kreatif dalam mengolah barang-barang bekas," ujar salah satu santri yang ikut serta dalam pembuatan paving plastik. Para Guru dan Kyai tentunya berupaya keras mengubah pola pikir para santri untuk selalu menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.


- Abdul Fazanazi-

PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

Post a Comment for "Paving Plastik Kreasi Santri PonPes Al-Istiqomah Tanjungsari, Petanahan, Kebumen"

Pojok YAPIKA