Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

Sedulur monggo di angen angen dihina tidak membuat kita miskin dan dipuja tidak membuat kita kaya Hidup berbuat baik, tapi pasti ada yang suka dan ada yang tidak suka



Kebanyakan dari kita tentu pernah tidak suka dengan omongan orang lain. Atau merasa geram atas komentar-komentar yang tidak mengenakkan dari mereka, benar? Sampai-sampai saat hendak berbuat sesuatu selalu dan selalu yang jadi pertimbangan utama adalah “apa nanti kata orang ya?” entah itu saat hendak berkarya, hendak memiliki hajat tertentu serta planning lainnya yang akan dikerjakan. Cobalah kita sekali-kali dan syukur serigkali memikirkan yang jadi pertimbangan utama adalah “apa nanti kata Allah ya?” “gimana kelak kata Rasulullah jadinya?”. Pasti akanada kebaikan didalamnya.
 
Mutiara diatas mengisyaratkan bahwa jika kita hidup berpondasikan kata orang, tentu semua akan kacau dan terasa berat menjalaninya. Bagaimana tidak? Karena setiap individu memeiliki cara pandang yang berbeda dalam menanggapi sesuatu. Sehingga apabila kita mempunyai niat baik, maka kerjakanlah segera dengan baik pula. Andaikan pun setelah kita berbuat kebajikan masih banyak yang menyinyir kita, ambillah perkataan seperlunya dari mereka, dan jika taka da yang perlu diambil maka tinggalkanlah mereka.

Hendaknya kita mengingat bahwa ibarat pohon tinggi yang berbuah, pasti akan banyak yang melempari batu agar buahnya jatuh kebawah lalu dinikmatinya. Selain itu semakin tinggi pohon maka akan semakin kencang pula angin menerpa. Terkadang buahnya akan banyak yang berjatuhan. Begitu juga dengan orang yang baik, pasti akan selalu ada yang dengki terhadapnya. Makna dengki ada dua, yang pertama orang yang dengki yaitu orang yang tidak suka saja melihat orang lain mendapat kenikmatan. Yang kedua adalah orang tidak suka ada orang lain mendapatkan kenikmatan lalu berusaha agar nikmat orang tersebut jatuh kepadanya hingga menghalalkan segala cara. Naudzubillah.

Yang terpenting bagi kita adalah berpegang juga pada sabda Rasulullah SAW, dimana beliau menyatakan “lihatlah apa yang dibicarakan, jangan siapa yang membicarakan”. Maksudnya adalah agar kita mampu menyortir perkataan orang lain dan hanya mengambil kebaikan-kebaikan saja darinya, adapun keburukannya cukup ditinggalkan. Kita juga harus ingat tauladan indah dari Rasulullah SAW bahwa beliau yang selalu menyebarkan kebaikan saja masih banyak yang membencinya bahkan menyakitinya. Walau begitu beliau tak hiraukan mereka dengan terus menyebarkan kebaikan.


PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

Post a Comment for "Sedulur monggo di angen angen dihina tidak membuat kita miskin dan dipuja tidak membuat kita kaya Hidup berbuat baik, tapi pasti ada yang suka dan ada yang tidak suka"

Pojok YAPIKA