Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

Screening Ratusan Santri dari Balkesmas Magelang dan DinKes Kabupaten Kebumen beserta tim UPTD Puskesmas di Pon-Pes Al-Istiqomah Petanahan



(Al-istiqomah News) Kesehatan kita terletak pada Jasmani dan Rohani yang berkesinambungan dalam tubuh. Selain kajian ruhaniyah di pondok pesantren, diperlukan juga Kajian Kesehatan Jasmani bagi Para Santri. Oleh karenanya pada kesempatan hari ini, Rabu 2 Oktober 2019, bertepatan dengan hari batik Nasional, para santri Al-Istiqomah kedatangan Tamu dari Balkesmas wilayah magelang, Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen serta tim puskesmas Petanahan guna melakukan Sosialisasi Tuberculosis serta paru di Pon-pes Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan. Diikuti oleh ratusan santri putra dan putri dari pesantren, segenap Tim Fasilitasi Teknis memberikan penjelasan tentang penyakit Tuberculosis dengan gamblang.

TBC (Tuberkulosis) yang juga dikenal dengan TB adalah penyakit paru-paru akibat kuman Mycobacterium tuberculosis. TBC akan menimbulkan gejala berupa batuk yang berlangsung lama (lebih dari 3 minggu), biasanya berdahak, dan terkadang mengeluarkan darah. Ungkap dr. Widi Sulistyowati perwakilan dari Balkesmas wilayah Magelang. Gejala awal TB ini yaitu batuk-batuk yang berjangka lama hingga 2- 3 minggu bahkan lebih. Selain menimbulkan gejala berupa batuk yang berlangsung lama, penderita TBC juga akan merasakan beberapa gejala lain, seperti: Demam, Lemas, Berat badan turun, Tidak nafsu makan, Nyeri dada, dan Berkeringat di malam hari, Lanjutnya.


Kuman TBC tidak hanya menyerang paru-paru, tetapi juga bisa menyerang tulang, usus, atau kelenjar. Penyakit ini ditularkan dari percikan ludah yang keluar penderita TBC, ketika berbicara, batuk, atau bersin. Penyakit ini lebih rentan terkena pada seseorang yang kekebalan tubuhnya rendah, misalnya penderita HIV.
Selain diisi oleh Balkesmas dari wilayah Magelang, acara sosialisasi tersebut juga dilanjutkan oleh Ketua UPTD Puskesmas kecamatan Petanahan, yaitu dr. R Sunarko S M.Sc. beliau memaparkan tentang beberapa hal mengenai penanggulangan terkini, baik berupa pencegahan maupun penindakan awal jika sudah terdampak TB. Selain itu dihadiri pula perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen yang diwakili oleh Ibu Winarti SKM, MPA. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Karena walaupun sebelumnya pernah ada kegiatan sosialisasi kesehatan baik dari BPJS, Dinkes, namun ini merupakan kali pertama kegiatan dari BALKESMAS wilayah Magelang, khususnya sharing tentang TB Paru.
Pihak pengasuh pondok pesantrenAl-Istiqomah sangat welcome atas kedatangan mereka semua. Bahkan beliau KH Amin Rosyid sempat mengobrol langsung dengan Ketua UPTD Puskesmas Petanahan untuk kemudian diharapkan ada tindak lanjut dari kegiatan tersebut dengan pembangunan Puskestren atau Pusat kesehatan pesantren secara resmi. Selain itu beliau juga berharap kedepannya Pihak pondok pesantren maupun Dinas kesehatan dan Puskesmas Petanahan memiliki kerjasama serta mengadakan kegiatan rutin guna memberikan pengetahuan kesehatan terhadap santri, serta pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.
Pada akhir kegiatan sosisalisasi tersebut, diakhiri dengan screening santri oleh Tim Medis yang hadir, guna meninjau langsung keadaan santri putra maupun putri. Sekaligus merupakan tindak lanjut kegiatan Fasilitasi Teknis tersebut sehingga dapat diketahui kondisi para santri apakah ada yang terkena gejala TB Paru atau bahkan telah mengidapnya. Namun ternyata hasil pemeriksaan tersebut mengatakan nihil. Sehingga hal tersebut menjadi acuan pencegahan terjangkitnya santri dari penyakit Tuberkulosis.



PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

1 comment for "Screening Ratusan Santri dari Balkesmas Magelang dan DinKes Kabupaten Kebumen beserta tim UPTD Puskesmas di Pon-Pes Al-Istiqomah Petanahan"

  1. Mantap. Semoga kedepannya Pon-Pes Alistiqonah lebih maju lagi.. Amin

    ReplyDelete

Pojok YAPIKA