Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

Ponpes Al Istiqomah Miliki Radio Komunitas



                  Pondok Pesantren (PonPes) Al Istiqomah, Desa Tanjungsari, Kecamatan Petanahan, Kebumen, memiliki studio radio komunitas. Radio yang yang mengudara dengan nama Yapika FM itu dapat didengarkan lewat gelombang 107,8 FM. Saat peresmian Kamis (15/1) pun langsung dioperasikan. Santri Ponpes Al Istiqomah dengan santun dan riang, menyapa para pendengar. Sesekali diselipi guyonan segar namun mendidik.

          Dengan adanya radio tersebut tentunya menjadikan Ponpes Al Istiqomah sebagai pesantren pertama di kabupaten berslogan beriman ini yang memiliki radio komunitas pesantren. “Radio komunitas ini akan kita jadikan sebagai media dakwah Islamiyah kepada masyarakat,” kata pengasuh PonPes AlIstiqomahKH Ali Mu’in Amnur Lc M.Pd.I di selasela peresmian kemarin. 

Sebagai radio komunitas pesantren, berbagai siaran yang akan diudarakan pun disesuaikan dengan dunia pesantren atau bernuansa Islami. Misalnya saja siaran tadarus dan lagu-lagi Islami seperti shalawatan, hadrah, qasidahan, dan lain sebagainya. Bisa pula pengajian atau musik dangut, wayang, campursari dan musik pop.

KH Ali Mu’in Amnur Lc M.Pd.I mengemukakan, keberadaan radio di Ponpesnya itu dinilai efektif sebagai media dakwah kepada masyarakat, khususnya di wilayah Petanahan. Mengingat kondisi di wilayah setempat masih banyak yang mendengarkan radio. Berbeda dari kondisi wilayah perkotaan yang minat pendengar radionya sudah mulai jarang. “Radio komunitas pesantren yang kita dirikan ini juga akan dijadikan sebagai sarana untuk pembelajaran para santri dalam mengenal media dan teknologi. Bahkan untuk pengelolaan radionya juga akan ditangani oleh para santri,” imbuhnya.



PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

Post a Comment for "Ponpes Al Istiqomah Miliki Radio Komunitas"

Pojok YAPIKA