Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

MENGENAL PONDOK PESANTREN AL-ISTIQOMAH / Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA)


Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Al-Istiqomah

Pondok Pesantren Al-Istiqomah, terletak di Desa Tanjungsari Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen Propinsi Jawa Tengah. Adalah KH. Abdullah Mukti merupakan awal mula perintis berdirinya Pondok Pesantren Al-Istiqomah, setelah lama bermukim dan belajar ilmu agama di Makkah tahun 1912-1936 M dan berguru pada Syekh Abdurrohman di Makkah.

K.H. Abdullah Mukti sekembali dari Makkah pada tahun 1936, di kampung halamannya desa Tanjungsari, mengembangkan ilmunya dengan mendirikan majlis ta’lim dan tharekat Qodiriyah Naqsabandiyah. Dan dalam perkembangannya tharekat Qodiriyah Naqsabandiyah ini jama'ahnya semakin banyak dan pesat. Para jama’ah tharekat Qodiriyah Naqsabandiyah ini berdatangan dari sekitar Desa Tanjungsari, dan kemudian kegiatan tharekat ini dipusatkan disebuah masjid yaitu masjid Al-Istiqomah sebagai tempat para jama’ah tharekat Qodiriyah Naqsabandiyah ini melakukan suluk dan bai’at langsung kepada K.H. Abdullah Mukti yang sebagai mursyidnya.

Setelah 24 tahun mengamalkan ilmu dan mengabdikan diri kepada masyarakat di kampung halamannya, K.H. Adullah Mukti wafat tahun 1958. Sepeninggal K.H. Abdullah Mukti kegiatan dan kepemimpinan diteruskan oleh K.H. Bajuri, akan tetapi dalam masa kepemimpinan K.H. Bajuri kurang berjalan dengan baik. Sehingga jama’ah tharekat Qodiriyah Naqsabandiyah ini pindah ke Jetis, Kutosari, tharekat yang diasuh dan dipimpin oleh K.H. Mahfud Khasbullah dan sebagian lagi pindah ke Karanganyar, dengan mengikuti tharekat yang diasuh dan dipimpin oleh K.H. Umar Nasir.

Kegiatan pesantren mulai nampak kembali pada tahun 1975, disaat K.H. Amin Rosyid putra sulung dari K.H. Bajuri pulang dari menimba ilmu dan mukim di tanah kelahirannya yakni desa Tanjungsari, mulailah ia merintis kembali apa yang pernah dilakukan oleh kakeknya K.H. Abdullah Mukti, yaitu dengan merintis majlis ta’lim mingguan disamping juga mengajar anak-anak santri masjid Al-Istiqomah.

Pada tahun 1982 K.H. Amin Roysid mulai mendirikan Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Al-Istiqomah, dengan sistem belajar cepat bisa membaca dan menulis Al-Qur’an, pada periode tahun inilah mulai dibangun asrama untuk para santri yang kemudian diganti dari Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) menjadi Pondok Pesantren Al-Istiqomah. Dalam perkembangannya Pondok Pesantren Al-Istiqomah juga mendirikan Madrasah Diniyah yang terdiri dari tiga tingkat yaitu tingkat awwaliyah, tingkat wustha, dan tingkat ‘ulya.

Pada pertengahan tahun 1990-an, Pondok Pesantren Al-Istiqomah mulai menata struktur pendidikannya, yakni dengan melegalisasikan kegiatan pesantren baik di bidang pendidikan, keagamaan, sosial, kemasyarakatan, dan dunia usaha yang berbadan hukum yamg masuk dalam sebuah institusi Yayasan. Yayasan yang disponsori atau didirikan oleh pengasuh pondok bernama Yayasan Pendidikan Al Istiqomah Karya Guna (YAPIKA). Yayasan “YAPIKA” ini menaungi kegiatan Pendidikan formal yakni Madrasah Aliyah YAPIKA yang berdiri sejak tahun 1999, pendidikan non-formal Madrasah Diniyah yang berdiri tahun 1982.

Pondok Pesantren Al-Istiqomah yang terletak di desa Tanjungsari, Petanahan, Kebumen Jawa Tengah, saat ini diasuh oleh K.H. Amien Rosyid, dan telah banyak mengalami perkembangan. Baik di bidang sarana fisik maupun sistem belajar-mengajarnya. Madrasah Aliyah (MA), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Raudhotul Atfal Terpadu (RAT).

Beberapa diantaranya mengambil kuliah di Universitas di Kebumen Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kebumen, dan selebihnya adalah santri Takhasus (Madrasah Diniyah). Dalam perkembangannya, Pesantren yang mendapatkan Nomer Statistik Pondok Pesantren (NSPP); 512330504003, dari Departemen Agama Kabupaten Kebumen ini pola dan sistem pendidikan yang digunakannya menitikberatkan pada kegiatan di Madrasah Diniyah serta kepesantrenan salafiyah (nonformal) dan Madrasah Aliyah (formal).


Pendidikan :
  1. RAT YAPIKA
  2. MI NU YAPIKA
  3. MTs YAPIKA
  4. MA YAPIKA
  5. Madrasah Diniyah
Fasilitas Pondok Pesantren Al-Istiqomah yang ada saat ini (tahun 2020) antara lain, untuk santri putra mempunyai gedung berbentuk letter "L" di depan dan samping masjid, dengan 2 lantai, dan satu gedung di depan masjid dengan 3 lantai. Serta asrama putri satu lokal dengan dilengkapi dengan kamar mandi serta WC putra dan putri. Sarana lainnya adalah Masjid, Perpustakaan, Koperasi Santri, Aula, Gedung Madrsah Aliyah dan Diniyah, Laboratorium Komputer, Sarana Olahraga, dan lain-lain.

Ekstrakurikuler : Khitobah (latihan pidato), Hadrah, Barzanji, Kursus Bahasa Arab dan Inggrs, Seni Kaligrasi, Seni Baca Al-Qur’an, Kursus komputer, Perbengkelan, Pagar Nusa, dan Sepak Bola.

Dasar dan Tujuan Pondok Pesantren Al-Istiqomah

Pondok Pesantren Al-Istiqomah merupakan lembaga sosial keagamaan yang keberadaannya telah diakui sebgai salah salah satu lembaga pendidikan yang lebih menekankan pada bidang kajian tafaqquh fidin serta sebagai wahana pencetak generasi-generasi muda penerus cita-cita perjuagan bangsa dan pembangunan nasional yang ber-akhlakul karimah.

Adapun daar didirikannya pendidikan Pondok Pesantren Al-Istiqomah yaitu: amar ma’ruf nahi munkar, keadaran untuk mengamalkan nilai-nilai agama, kesederhanaan, ketaqwaan dan sikap saling tolong meolong sesama manusia serta menjaga citra hubungan antara manusia dengan makhluk lain dan hubunan manusia dengan Khaliq.

Pendidikan di pesantren ini dikandung maksud ingin mencetak generasi muslim yang bertaqwa, berilmu pegetahuan yang tinggi dan berakhlakul karimah. Hal ini dapat diuraikan lebih rinci sebagai berikut: Membentuk dan mencetak serta mengembangkan generasi islam yang beriman dan bertaqwa kepada Alloh SWT, berilmu, tangguh, trampil, mandiri dan berakhlak mulia. Memberdayakan dan mengembangkan SDM dibidang keagamaan, pendidikan, kebudayaan dan IPTEK.

Mensyi’aran dan menegakkan ajaran Islam dengan bermadzhab Ahlusunnah wal Jamaah. Tercapainya tujuan pendidikan dan pembinaan Pondok Pesantren Al-Istiqomah tersebut dapat terlihat pada pola dan tingkah laku santri selama berada di lingkungan Pondok Pesantren serta pada semangat dan motivsi dalam melaksanakan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat.

Elemen-Elemen Pesantren Al Istiqmah

Di antara elemen-elemen Pondok Pesanren Al Istiqomah adalah sebagai berikut:

Pengurus Pondok Pesantren Al-Istiqomah

Secara umum inilah bagan singkat susunan pengurus PP Al-Istiqomah

Pengasuh : KH Amin Rosyid BA
Dewan Keluarga :
1. KH Ali Muin Amnur Lc M.Pd.I
2. Ky Ali Muhdi M.S.I
3. KH Ahmad Mufid S.Ag M.Pd
4. Ky Ali Azhar M.Pd
5. Ky Ali Iqbal M.Pd
Ketua Pondok : Nailul Ihsan / Qori Ernawati
Sekretaris : Dewi Karomatul Hikmah / Faiz Anas S.Pd
Bendahara : Virgiana Listianti S.Pd / Luthfi Rosyadi
Seksi Pendidikan : Ngisomudin Hadik / Rahma Atikah
Seksi Keamanan : Ngida Rusdiana / Naomi Warifiono
Humas : Wasiman / Hikmatul Munasyiroh


Dalam setiap kegiatan yang sifatnya harian, mingguan dan bulanan maupun temporal para pengurus berperanaktif dalam mengkoordinasi kegiatan di lembaga pesantren sehingga kegiatan-kegiatan kepesantenan dapat terlaksana dengan baik, dalam kepengurusan Pondok Pesantren Al-Istiqomah dilakukan rapat-rapat koordinasi paling sedikit satu kali dalam sebulan, dengan maksud untuk selalu dapat mengevaluasi kegiatan-kegiatan pesantren dan juga untuk memperbaiki kinerja pengurus.

Kepada para santri diberikan beberapa kegiatan tambahan yang sifatnya pengembangan bakat dan minat santri, seperti Khitobah (latihan pidato), Hadrah, Barzanji, Kursus Bahasa Arab dan Inggris, Seni Kaligrasi, Seni Baca Al-Qur’an.

Madrasah Diniyah

Secara umum kegiatan-kegiatan Pondok Pesantren Al-Istiqomah terbagi menjadi dua yaitu Madrasah Dinniyah (intrakulikuler) dan Kepesantrenan (Ekstrakurikuler). Kegiatan Madrasah Diniyah Al-Istiqomah yang dikepalai oleh K.H. Ahmad Mufid, S.Ag., M.Pd.I, ini mengacu pada kurikulum yang dibuat oleh pesantren sendiri. Khusus untuk kelas Awwaliyah ditambah dengan kurikulum Madin dari Departemen Agama RI. Materi Intrakulikuler diniyah merupakan kegiatan inti atau Ruuhul Ma’had di pesantern ini. Madrasah Diniyah Al Istiqomah yang telah mendapatkan Nomor Statistik Madrasah Diniyah (NSMD) :412330504001 ini melaksanakan kegiatan belajar-mengajar yang terbagi menjadi tiga tingkatan; Awwaliyah, Wustho, dan Ulya. Jam kegiatan dilaksanakan setiap sore jam 14.00-15.00 WIB (bada shalat ‘Ashar) dan malam jam 18.30-19.30 WIB (ba’da shalat Maghrib), Kecuali malam jum’at dan hari jum’at.

Sedangkan untuk kegiatan belajar kepesantrenan (ektrakurikulur) menggunakan metode bandongan, dilaksanakan setiap ba’da subuh. Khusus untuk putra bertempat dimasjid, sedangkan untuk yang santri putri bertempat di ndalem (rumah) Kyai, kegiatan ini selesai jam 06.00 WIB pagi.

Kegiatan  Pondok Pesantren Al-Istiqomah lain yang penting adalah tahfidz al-Qur’an (menghafal al-Qur’an). Kegiatan mengaji dan menghafal kitab al-Qur’an ini berlangsung di pesantren putri, yang diasuh oleh Ibu Nyai Ana Nur Latifah, S.Ag, Ibu Nyai Nur Istiqomah, S.Pd.I, dan Ibu Nyai Hanik Rahmawati, S.Ag. Semua santri putri diwajibkan mengikuti program tahfidz al-Qur’an minimal juz 30 (juz amma), sedangkan bagi yang ingin melanjutkan ke program tahfidz secara penuh (30 juz), maka diberikan kesempatan untuk menempuhnya.
Secara umum total jumlah Asatidz atau dewan pengajar di Madin Al-istiqomah ada sekitar 40 orang dimana untuk santri putra 20 dan putri 20.

Dalam melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar, disamping ada pengasuh (Kyai dan Nyai) juga dibantu oleh beberapa ustadz dan ustadzah yang sebagian besar merupakan alumni dari berbagai Pondok Pesantren yang berlatar belakang akademisi.

(untuk tenaga pendidik yang terbaru akan dilampirkan dihalaman struktur kependidikan)

Madrasah YAPIKA

Lembaga pendidikan formal yang pertama kali dibentuk adalah Madrasah Aliyah, yang berdiri dalam rangka merespon keinginan masyarakat sekitar untuk meningkatkan taraf pendidikan yang masih rendah ini telah memulai kegiatan belajar mengajar sejak tahun 1999. Namun baru mendapatkan legalitas formal dari pihak Kantor Wilayah Departemen Agama Propinsi Jawa Tengah pada tahun 2005. Nomor Statistik Madrasah (NSM) MA YAPIKA yang tercatat dalam piagam pendirian adalah : 312330504477. Madrasah Aliyah YAPIKA memiliki visi yang menjadi arah pandangan perjalanannya ke depan, yaitu: Mewujudkan generasai muslim yang berakhlak mulia, tangguh, dan cendekia. Saat ini MA YAPIKA di kepalai oleh beliau KH Ali Muin Amnur Lc M.Pd.I yang juga merupakan putra sulung KH Amin Rosyid B.A

Adapun misi Madrasah Aliyah YAPIKA ini adalah:

  1. Mengembangkan pendidikan yang Islami berdasarkan kurikulum yang integral dan kompetitif
  2. Membentuk lulusan yang memiliki akidah kuat, bertaqwa, dan berakhlak mulia
  3. Membentuk lulusan yang memiliki kemampuan intelektual, mental, spiritual, dan skill yang mantap
  4. Membentuk lulusan yang mampu mengamalkan ajaran Islam dan menyampaikannya kepada keluarga dan masyarakatnya berdasarkan manhaj ahlussunnah wal jama’ah.
  5. Menyiapkan lulusan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Kurikulum yang digunakan oleh MA YAPIKA merupakan modifikasi perpaduan antara kurikulum Depag dan Pesantren. Tenaga pengelola dan pengajar di M.A. YAPIKA adalah para profesional muda alumni perguruan tinggi seperti Universitas Al AZHAR Mesir, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Walisongo Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Gajah Mada (UGM), STAINU dan berbagai perguruan tinggi negeri/ swasta lainnya dengan latar belakang pondok pesantren.

Saat ini, Madrasah Aliyah YAPIKA memiliki siswa sebanyak 398 siswa. Untuk tahun ajaran 2019/2020 ini. Usaha peningkatan kualitas Madrasah Diniyah dan Madrasah Aliyah tersebut belum dapat dimaksimalkan sebagaimana mestinya, dikarenakan proses belajar mengajar berlangsung di tempat, ruang dan sarana yang terkadang bergantian dengan Madrasah Tsanawiyah namun cukup Memadai. Hal tersebut tidak menyurutkan semangat siswa dalam belajar. Walau begitu setiap tahun Madrasah YAPIKA selalu berusaha melakukan perkembangan baik dari segi Infrastruktur maupun sistem serta perangkat di dalamnya guna mengkondusifkan kegiatan pembelajaran.

Sedangkan lembaga pendidikan formal ke-2 setelah MA YAPIKA dibentuklah MTs YAPIKA dengan Nomor statistik 121233050082. Kini siswa siswi MTs YAPIKA berjumlah sekitar 753  siswa sedangkan untuk MA berjumlah sekitar 398 siswa. Pembagian kelas di MA YAPIKA ada 2 jurusan yaitu IPA dan IPS sedangkan untuk MTs terbagi menjadi sekitar 21 kelas total dari kelas 7, 8 dan 9. Saat ini MTs Yapika di Kepalai oleh beliau putra bungsu KH Amin Rosyid yaitu beliau Bapak ALi Iqbal M.Pd.I. Lembaga pendidikan formal selanjutnya yang dibentuk adalah RAT Yapika yang semula di kepalai pleh ibu Emi Faiqoh M.Pd kini berpindah jabatan kepada ibu Khanifah Dwi Hastuti S.Pd. Hal tersebut dikarenakan kini YAPIKA membentuk lembaga formal selanjutnya yaitu MI NU Yapika atau setingkat dengan Sekolah Dasar yang kerap di sebut dengan MINUYA. Sedangkan untuk RAT Yapika merupakan setingkat dengan pendidikan TK atau Taman Kanak-Kanak. kegiatan siswa RAT sanngat beraneka ragam mulai dari kegiatan secara umum hingga kegiatan khusus yakni sholat berjamaah baik fardhu maupun sunnah seperti sholat dhuha, hingga menghafal beragam hadits dan surat pilihan dalam Al-Quran serta kegiatan manasik haji tiap tahun.

Diantara Visi Misinya adalah :

Visi

Dalam merumuskan visi, pihak-pihak terkait (stakeholders) melakukan musyawarah sehingga visi tersebut benar-benar mewakili aspirasi semua pihak yang terkait. Harapannya, semua pihak yang terkait dalam kegiatan pembelajaran (guru, karyawan, peserta didik, dan wali peserta didik) benar-benar memahami dan menyadari visi tersebut untuk selanjutnya memegang komitmen terhadap visi MI Yapika NU Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen yang telah disepakati bersama. 

Visi MI Yapika NU adalah : 

“Terwujudnya Peserta Didik Yang Beriman, Berilmu Dan Berdaya Saing Dalam Agama ,Ilmu Pengetahuan, Olahraga Dan Berwawasan Lingkungan Sekitar ”

Misi :

Untuk mencapai visi madrasah yang mengacu pada tujuan umum pendidikan dasar yaitu meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan hidup (life skill) untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Secara khusus untuk mencapai visi madrasah telah ditentukan misi MI Yapika NU Kecamatan Petanahan Kabupaten Kebumen berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas dan sistematis.

Berikut misi MI Yapika NU yang dirumuskan berdasarkan visi madrasah:

1. Menumbuhkembangkan sikap dan amaliah keagamaan.
2. Menumbuhkan dan meningkatkan minat baca tulis.
3. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif,optimal sesuai dengan kemampuan siswa.
4. Meningkatkan pencapaian rata rata nilai ujian madrasah.
5. Menyelenggarakan kerjasama dengan lembaga lain untuk meningkatkan mutu Madrasah.
6. Membiasakan perilaku jujur, sportif, bertanggungjawab,percaya diri, hormat kepada orang tua dan guru.
7. Menjalin hubungan yang harmonis antara warga madrasah dengan masyarakat.
8. Kecintaan warga Madrasah terhadap lingkungan sekitar.


Radio Yapika FM 107.8

(untuk info lengkapnya bisa klik link ini) atau dengan klik link disini dan juga bisa langsung klik di bagian laman website ini di label khusus Radio Yapika FM

Koperasi Pesantren


Kopontren Al-Istiqomah telah berdiri sejak ditetapkan oleh Kepala Kantor Wilayah Departemen Koperasi dan PPK Propinsi Jawa Tengah atas nama Menteri Koperasi dan PPK pada tanggal 24 Desember 1993 dengan nomor: 12148/BH/VI, dengan nama lengkap Kopontren Yapika Mart  Pondok Pesantren Al-Istiqomah.

Kopontren ini juga telah mengantongi Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dari Kantor Wilayah Departemen Perdagangan Propinsi Jawa Tengah atas nama Menteri Perdagangan pada tanggal 13 Oktober 1994, dengan nomor SIUP: 121/11.32/PK/X/1994. Kegiatan Koperasi Pondok Pesantren (Kopontern) Al Istiqomah yang sudah berjalan saat ini adalah; unit pertokoan/ warung santri, usaha pertanian, usaha penanaman albasia, dan peternakan ayam.

Pada mulanya pendirian koperasi ini secara formal dilakukan, karena adanya masukan dari beberapa kalangan seperti departemen koperasi & PPK dan Departemen perdagangan Kebumen. Namun begitu, sebelumnya kegiatan perekonomian di pesantren ini telah menggeliat secara perlahan-lahan secara alami. Ketua Kopontren Al-Istiqomah yang pertama adalah Drs. Sarmuji.

Alumni

Organisasi alumni  Pondok Pesantren Al-Istiqomah ini bernama KAI (Keluarga Alumni Al-Istiqomah). (dulu, sekarang HIMAYA ; Himpunan Alumni YAPIKA). Saat ini jumlah alumninya sudah mencapai kurang lebih 500 santri yang tersebar di daerah Kebumen, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatra. Beberapa alumni ada yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negari, misalnya di IAIN Sunan Kalijaga Yogya, UGM, STAINU, Politeknik dan perguruan swasta lain. Ada pula yang di luar negeri, alumni yang diterima beasiswa dan sedang kuliah di Universitas Al-Azhar Kairo Mesir, serta Universitas Az-Zaitun di Tunisia.

Alumni lainnya sudah banyak yang berhasil terjun memanfaatkan ilmunya di masyarakat, ada yang jadi petani, pedagang, peternak, pamong desa, guru swasta, PNS, dan ada yang jadi pengasuh pesantren.

Daftar prestasi Madrasah YAPIKA

  1. Juara I UAMBN-BK Se-Kabupaten Kebumen tingkat Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta
  2. Juara 10 besar UN-BK se- Jawa Tengah tingkat SMA/MAN
  3. juara III bersama Liga Santri Nasional Regional Purbalingga
  4. Juara I Bulutangkis AKSIOMA tingkat Kabupaten
  5. Juara II MTQ ajang AKSIOMA tingkat Kabupaten
  6. Juara II Footsall ajang AKSIOMA tingkat Kabupaten 
  7. Juara II Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten cabang Fisika 
  8. Juara III Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kabupaten cabang Matematika 
  9. Juara I Festival Hadrah se Kabupaten Kebumen 
  10. Juara harapan II Festival Hadrah se- DIY dan Jawa Tengah
  11. Juara III Teknologi Tepat Guna ajang Pramuka Santri Nasional tingkat Provinsi 
  12. Juara II K3 Pertendaan ajang Pramuka Santri Nasional tingkat Nasional di Kalimantan 
  13. Juara I MTQ tingkat SMA/MAN se kabupaten di IAINU 
  14. Juara I Bulutangkis tingkat SMA/MAN se kabupaten di IAINU 
  15. Juara I Pidato Bahasa Inggris ajang AKSIOMA tingkat kabupaten
  16. Juara II MTQ ajang AKSIOMA tingkat Kabupaten 
  17. Juara II Footsall tk. Kabupaten di SMK Maarif 9 Kebumen
  18. Juara III Cerdas cermat tk Kabupaten di IAINU 
  19. 10 besar Lari Marathon tk Kabupaten di Kapolres dan SMKN Ambal
  20. dan masih banyak prestasi lainnya baik akademik maupun non akademik

Alamat :

Jl. Raya Pasar Gamblok, Rt 04/Rw02, Desa Tanjungsari, Petanahan, Kebumen 

Kode Pos: 54382

Telp. 0287-5535810, 081802658344, 081328477506
PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

3 comments for "MENGENAL PONDOK PESANTREN AL-ISTIQOMAH / Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA)"

  1. Bagaimana cara daftar masuk ponpes AL-ISTIQOMAH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dibukak link pendaftaran πŸ™tapi mohon maaf untuk bulan Februari belum bukak pendaftaran πŸ™ insyaallah bulan Maret

      Delete
  2. Untuk administrasi pondok dan sekolah gimana nggeh? πŸ™

    ReplyDelete

Pojok YAPIKA