Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

Perayaan Maulid Lokal Serasa Maulid Akbar



Maulid Nabi berasal dari dua kata bahasa Arab, yakni Maulid dan Nabi. Kata Maulid memiliki makna yang sama dengan kata milad yang berarti “lahir” atau “kelahiran”, dan Nabi yang dimaksud adalah Nabi Muhammmad saw. Dari pengertian tersebut, dapat dimengerti bahwa Maulid Nabi sebagai kegiatan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad saw yang dilakukan dengan mengenang kembali sejarah dan perjuangan Rasulullah saw. Peringatan Maulid Nabi dilaksanakan sebagai bentuk cinta kasih umat Islam kepada Nabi Muhammad saw. Umat Islam yang tersebar di seluruh belahan dunia memperingati Maulid Nabi dengan penuh sukacita, begitu juga dengan Madrasah Aliyah Yapika yang pada hari Sabtu, 30 September 2023 M/ 14 Rabi'ul Awwal 1445 H telah mengadakan acara serupa bertema "mengukuhkan mahabbah menyongsong syafa'ah".






Bertempat di GOR Mukhtarom Bali Rosyi, acara lokal yang dipanitiai oleh pengurus osis dan dihadiri seluruh siswa, siswi, dan dewan guru MA YAPIKA tersebut diawali dengan pembukaan oleh pasangan pembawa acara Muhammad Ikhsan dan Naili Nur Hikmah. Dilanjutkan dengan tahlil yang dipimpin oleh Fikri Fajrul Falah, sambutan dari ketua panitia dan wakil kepala madrasah, pembacaan ayat suci Al-qur'an oleh Ahmad Mughni Labib, siswa kelas 10 yang merupakan alumni MTs YAPIKA yang pernah memenangkan lomba MTQ tingkat provinsi.

Setelah mendengar lantunan ayat suci yang menggetarkan hati, hadirin mendengarkan Mau'idzoh Hasanah yang disampaikan oleh Waka Kesiswaan MA YAPIKA, KH Ahmad Mufid, S.Ag.M.Pd.I. Degan gaya yang selayaknya dai kondang, beliau sukses menyampaikan mau'idzoh hasanah yang sarat makna dengan diselingi hiburan dan canda hinga membuat segenap hadirin melepas tawa tanpa melewatkan intisari ilmu yang disampaikannya. Oleh karena hal itu juga acara maulid lokal ini sudah seperti maulid akbar yang diisi dengan ceramah dari seorang dai kondang.




Ditutup dengan lantunan sholawat dan mahallul qiyam yang diiringi hadroh Syauqul Musthofa dan pembacaan doa yang dipimpin oleh Musta'in Hanif, acara selesai dengan khidmat tanpa halangan suatu apa. Panitia acara berharap peringatan maulid Nabi ini bisa benar-benar mengukuhkan dan menjadi bukti kecintaan kepada nabi serta menjadi lantaran mereka mendapat syafa'at beliau di dunia dan akhirat kelak.






"Acara sukses, panitia dari anak-anak osis sudah bagus sekali. Dengan mereka berlatih dalam kepanitiaan di acara-acara seperti ini, mereka akan siap terjun ke ranah masyarakat di lingkungan mereka masing-masing nantinya". Ugkap Bapak Anifuddin, S.Pd.I selaku pembina OSIS MA YAPIKA dan menjadi wakil kepala madrasah saat berlangsungnya acara.


PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

Post a Comment for "Perayaan Maulid Lokal Serasa Maulid Akbar"

Pojok YAPIKA