Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

Setelah Juarai KSM, Giliran Madrasah YAPIKA Boyong Piala di Ajang AKSIOMA


      

    Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah atau yang lebih dikenal dengan AKSIOMA ini merupakan  sebuah perlombaan antar Madrasah yang biasanya diselenggarakan di berbagai tingkat satuan pendidikan madrasah mulai dari MI, MTs dan MA baik Negeri maupun Swasta dari level Kecamatan hingga Nasional. Pada penghujung bulan Agustus ini telah diselenggarakan kegiatan AKSIOMA antar Madrasah Tsanawiyah baik negeri maupun swasta di tingkat Kabupaten yang berlokasi di MTsN 2 Kebumen, tepatnya di Jalan Cenderawasih, Tamanwinangun, Kebumen.

“Dengan adanya aksioma 2022 tingkat Kabupaten memberikan peluang kepada siswa untuk menjadi yang terbaik dalam bidangnya dan mengasah keterampilan seninya bertanding dengan madrasah Tsanawiyah yang lain”, Ungkap KH Ahmad Mufid, S.Ag., M.Pd selaku Waka Kurikulum Madrasah Tsanawiyah YAPIKA.

Kegiatan AKSIOMA tahun ini benar-benar mendapatkan antusias yang tinggi bagi semua Lembaga Madrasah Tsanawiyah di Kabupaten Kebumen. Hal tersebut dikarenakan pada tahun-tahun sebelumnya sempat vacum atau terhenti karena adanya pandemi Covid-19 yang menyebar. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah YAPIKA yakni Bapak Ali Iqbal, M.Pd.I, setelah diadakan rapat koordinasi antar kepala madrasah beberapa hari yang lalu. 

"Perlombaan AKSIOMA tahun ini merupakan momentum yang bagus bagi para siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah pada umumnya. Selain itu hal tersebut juga mendorong MTs YAPIKA agar lebih tekun lagi dalam belajar baik di bidang akademik maupun non akademik sehingga tercetuslah kelas-kelas unggulan di MTs YAPIKA guna meningkatkan kapasitas kemampuan siswa", imbuhnya

Untuk waktu penyelenggaraannya sendiri, AKSIOMA tahun 2022 di tingkat Kabupaten diselenggarakan selama 2 hari, yakni mulai dari tanggal 30-31 Agustus 2022 mengingat bahwa dalam cabang Olahraga biasanya tidak cukup jika hanya diselenggarakan dalam satu hari saja. Pada kesempatan kali ini Madrasah Tsanawiyah YAPIKA turut andil dalam menyemarakkan kegiatan perlombaan dengan mengirimkan semua atlet di setiap cabangnya.


Berikut daftar kejuaraan yang diraih oleh Madrasah Tsanawiyah YAPIKA pada Ajang AKSIOMA Tahun 2022 diantaranya :

1. Juara 3 Pidato Bhs Jawa yang diraih oleh Siti Khamidatul Khoeriyah atas bimbingan Ibu Siyam Thohiroh, S.Pd.

2. Juara 3 Bersama Futsal Putra yang dibimbing oleh Coach Taufik Ismail dan diselenggarakan di GOR Futsal Lembu Sakti.

3. Juara 3 Bersama Sepak Takraw Regu Putra yang dibimbing oleh Bapak Nurgiantoro, S.E dan diselenggarakan di GOR Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen.

4. Juara 3 Bersama Sepak Takraw Regu Putri yang juga dibimbing oleh Bapak Nurgiantoro, S.E dan diselenggarakan di GOR Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen.

            Layaknya sebuah perlombaan pasti ada yang menang dan ada yang kalah adalah hal wajar, karena juara bukan satu-satunya hasil yang di dapat dalam sebuah perlombaan. Hal-hal lain yang juga berarti diantaranya adalah ilmu yang didapat, pengalaman baru, teman, relasi dan lain sebagainya guna menjadikan dirinya lebih baik lagi serta bekal di masa mendatang.

            Setidaknya begitulah yang tersirat atas apa yang disampaikan oleh bapak KH Ahmad Mufid, S.Ag., M.Pd sebagai bentuk harapan beliau ke depannya. “Berharap agar siswa tetap berlatih bukan hanya untuk lomba tetapi menjadi profesi di masa yang akan datang dengan tetap menjaga etika pesantrennya yaitu Al Istiqomah”, pungkas beliau.




- MS Jamaludin -

PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

Post a Comment for "Setelah Juarai KSM, Giliran Madrasah YAPIKA Boyong Piala di Ajang AKSIOMA"

Pojok YAPIKA