Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

Sabet Juara KSM 2021, MA dan MTs YAPIKA bersaing gagah ditingkat Provinsi

Kompetisi Sains Madrasah atau yang lebih dikenal dengan KSM, merupakan sebuah ajang rutinan dari Kementrian Agama baik pusat maupun daerah. Perlombaan yang diikuti oleh seluruh madrasah mulai dari tingkat dasar hingga Aliyah ini baik Negeri maupun Swasta, terbagi menjadi 4 tingkat, yaitu Tingkat satuan pendidikan, tingkat Kabupaten atau Kota, Tingkat Provinsi dan Nasional.

Tahun ini ajang bergengsi dikalangan civitas madrasah tersebut, diikuti juga oleh madrasah YAPIKA, baik MA maupun MTs. Perlombaan dimulai dari seleksi tingkat satuan pendidikan masing-masing dan dilanjutkan seleksi tingkat Kabupaten atau kota. Meskipun kegiatan tersebut berjalan dengan online, hal itu tidak menyurutkan semangat para peserta yang mengikuti seleksi pada tanggal 21 - 23 Agustus lalu, khususnya Madrasah YAPIKA Petanahan, Kebumen. Setelah melalui pelatihan dan pembelajaran yang intens, Madrasah YAPIKA akhirnya menyabet juara 1 pada tingkat Kabupaten yang di wakili oleh Azza Muntaza, salah satu siswi Madrasah Tsanawiyah YAPIKA. Azza berhasil memenangkan Juara satu bidang IPS terintegrasi mengalahkan para pesaing lain dari madrasah-madrasah swasta maupun negeri. Di sisi lain, Juara 3 Biologi terintegrasi juga berhasil diraih oleh Mahfudz Asrori, salah satu siswa perwakilan Madrasah Aliyah YAPIKA. keduanya akhirnya berlanjut mengikuti perlombaan KSM di tingkat provinsi yang diselenggarakan pada tanggal 18 hingga 20 September 2021. Walau kegiatan diselenggarakan secara online, namun demi menjaga sportifitas para peserta, maka pelaksanaan lomba dijadikan satu tempat yang masing-masing diselenggarakan di MTsN 1 Kebumen dan MAN 1 Kebumen.

Meskipun pada akhirnya keduanya belum berhasil menempati 10 besar pada tingkat Provinsi, namun setidaknya azza dan mahfudz telah berjuang sebaik mungkin dalam mengikuti perlombaan yang dilaksanakan secara daring tersebut. Azza Muntaza berhasil meraih peringkat 21 dari 105 peserta dan Mahfudz berhasil meraih peringkat 40 dari 101 peserta di tingkat provinsi, sesuai pengumuman dari pihak kemenag yang dilansir dari laman www.ksm.kemenag.go.id.

Harapan dari Kepala Madrasah, yaitu beliau KH Ali Muin Amnur Lc., M.Pd.I selaku kepala MA YAPIKA dan Ky. Ali Iqbal M.Pd.I selaku Kepala MTs YAPIKA, bahwa hasil tersebut bisa menjadi standar minimal untuk kedepannya menjadi lebih baik lagi dan lebih berprestasi lagi tidak hanya di kancah Kabupaten, maupun Provinsi, namun hingga Nasional.


- MS Jamaludin -

PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

Post a Comment for "Sabet Juara KSM 2021, MA dan MTs YAPIKA bersaing gagah ditingkat Provinsi "

Pojok YAPIKA