Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

Ratusan Santri Al-Istiqomah YAPIKA Buat KTP Massal di Pondok


Al-Istiqomah – Jembol Adminduk merupakan sebuah program Jemput Bola Pelayanan Administrasi Kependudukan yang diselenggarakan oleh Disdukcapil, termasuk di Kabupaten Kebumen dengan mendatangi lokasi-lokasi yang telah ditentukan. Program tersebut bertujuan guna meningkatkan ketertiban administrasi kependudukan mulai dari Penerbitan Kartu Keluarga, Perekaman E-KTP, Penerbitan Akta Kelahiran, Akta Kematian, Data Bermasalah hingga Perekaman KIA bagi anak usia diatas 5 tahun.

        Sasaran pelayanan jemput bola tersebut yaitu di desa-desa maupun Pondok Pesantren, salah satunya yang telah terlaksana yaitu di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan Kebumen dengan mendatangi dan melakukan proses yang ada di lokasi tersebut secara langsung. Bersama dengan Tim Pelayanan Adminduk Dukcapil, program tersebut diikuti oleh lebih dari 100 santri baik putra maupun putri yang telah mencapai usia minimum yaitu 17 tahun serta persyaratan lain pembuatan KTP Elektronik. mayoritas peserta yang mengikuti adalah santri pada tingkatan kelas 10 hingga kelas 12 Madrasah Aliyah serta beberapa santri yang telah memenuhi syarat. 

    Prosedur yang terlaksana juga sesuai dengan proses pembuatan E-KTP baik di Disdukcapil maupun di Kecamatan tentunya dengan menerapkan Protokol Kesehatan yang ada guna menghindari penyebaran virus COVID-19 yang masih bergejolak. Perekaman dan pemrosesan data dilakukan di Kantor Pondok Pesantren Al-Istiqomah mulai dari pagi hingga sore selama 3 hari berturut-turut.        Selain melakukan perekaman E-KTP juga ada beberapa juga yang melakukan pengurusan Akta dari pihak Ndalem Pondok Pesantren. Program yang berjalan selama 3 hari ini sangat membantu segenap civitas pesantren yang mengikuti dan membutuhkan data-data administratif yang diperlukan, terutama karena keadaan yang sedang dilanda Pandemi sehingga agak terkendala untuk keluar areal pon-pes sebab adanya anjuran untuk stay home baik dari pemerintah maupun pondok pesantren.

   Program tersebut sebenarnya telah dicanangkan sebelumnya akan berjalan pada tanggal 23 dan 24 Februari 2021 berdasarkan lampiran jadwal pada surat edaran dari Disdukcapil yang tertanggal 26 Januari 2021. Namun karena adanya kendala tertentu pada lembaga lain yang juga telah terjadwal, akhirnya kegiatan tersebut diajukan menjadi tanggal 16 sampai dengan 18 Februari kemarin, dari jadwal yang tertera khususnya di Pondok Pesantren Al-Istiqomah Petanahan guna mengefisiensi keadaan, tutur Tim Pelayanan Adminduk Dukcapil yang terdiri atas Aziz Nurfan, Adi Muuharom, Fuad Husain attabiq Muhdi, Joko Prasetyo dan Tri Budi Wiyati.

        Harapan kami semoga program ini tetap berjalan guna membantu penertiban administrasi kependudukan yang lebih baik lagi kedepannya. Ucapan terimakasih dan apresiasi juga tak lupa kami sampaikan kepada segenap Tim Pelayanan Adminduk Disdukcapil Kebumen dan jajarannya, walau di tengah Pandemi Virus namun tak melunturkan semangat dalam bekerja dan mengabdi untuk negeri khususnya di bidang administrasi kependudukan. Semoga Tuhan selalu melindungi dan memberkahi. Amin


-MS Jamaludin-


PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

Post a Comment for "Ratusan Santri Al-Istiqomah YAPIKA Buat KTP Massal di Pondok"

Pojok YAPIKA