Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

Orang Tua



Orang tua merupakan media yang digunakan oleh Alloh SWT untuk menciptakan kita semua. Sebuah hal yang wajib kita lakukan kepada kedua orang tua kita, adalah memberikan penghormatan kepada keduanya. Dan mematuhi segala perintahnya adalah sebuah keharusan, kecuali dalam kemaksiatan.

Kisah-kisah berbakti kepada kedua orang tua, telah banyak dicontohkan oleh para Rosul Alloh SWT.

Seperti kisah Nabi Ibrahim As, semasa kecilnya. Beliau mempunyai seorang ayah yang menyembah berhala. Akan tetapi beliau tetap berbakti kepada ayahnya. Bahkan belia tetap akan memintakan ampun kepada Alloh SWT atas ayahnya.

Kisah berbakti kepada orang tua, juga dicontohkan oleh anak Nabi Ibrahim As, yaitu Nabi Ismail As. Dimana Nabi Ismail As sangat patuh kepada orang tuanya, sebagaimana ketika dia diminta untuk dijadikan kurban. Nabi Ismail As tetap patuh atas perintah tersebut.

Kisah berbakti juga tidak hanya dari para Rosul Alloh SWT, tapi juga para Wali Allah SWT, seperti kisah Wali Allah SWT yang bernama Uwais al-Qarny. Dia adalah salah satu dari Wali Alloh SWT, yang masyhur di langit, tetapi tidak dikenal di bumi. Beliau sangat berbakti kepada ibunya. Bahkan beliau merelakan keinginan untuk bertemu Baginda Nabi Muhammad SAW, demi untuk merawat ibunya.

Dan masih banyak kisah-kisah berbakti kepada orang tua.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, pemikiran berbakti kepada orang tua berubah menjadi pemikiran bahwa orang tua adalah beban.

Bahkan tidak jarang jika ada orang yang menitipkan kedua orang tua di panti jompo, karena kesibukan dengan pekerjaannya.

Dan bahkan orang Jepang pada zaman dahulu, ketika mereka memiliki orang tua yang sudah renta, mereka akan membuang keduanya di hutan, layaknya barang yang sudah usang dan tidak berguna.

Tindakan tersebut sangatlah melenceng dari tujuan orang tua membesarkan anaknya.

Alloh SWT telah memerintahkan supaya kita berbakti kepada orang tua.

Alloh SWT berfirman dalam QS. An-Nisa : 36

واعبدوا الله ولا تشركوا به شيئا وبالوالدين احسانا
"Sembahlah Alloh dan jangan kalian menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua"

Dengan kita berbakti kepada kedua orang tua, maka kita akan mendapatkan ridho dari Alloh SWT. Karena ridho Alloh SWT bergantung pada ridho kedua orang tua.

رضا الله في رضا الوالدين وسخط الله في سخط الوالدين
"Keridhoan Alloh tergantung pada ridho kedua orang tua, Dan kemurkaan Alloh tergantung pada kemurkaan kedua orang tua."

Sungguh hina jika seorang anak menganggap bahwa orang tua yang sudah renta adalah beban. Padahal sesungguhnya merupakan sebuah keberuntungan dan sebuah kesempatan besar, apabila seorang anak bisa menjumpai masa senja kedua orang tua atau salah satu dari mereka. Mereka memiliki kesempatan besar membuka jalan ke surga.

Maka, sebaliknya jika seorang anak yang menjumpai masa senja kedua orang tua, tetapi mereka malah menyia-nyiakan kedua orang tuanya.

Nabi SAW bersabda :

رغم انف رجل أدرك أبواه الكبر فلم يدخلاه الجنة
"Sungguh hina seseorang yang menemukan masa senja kedua orang tuanya, tetapi tidak bisa membuat dia masuk surga."

رغم انفه رغم انفه رغم انفه من أدرك أبويه عنده الكبر أو كليهما ثم لم يدخل الجنة
"Sungguh hina dia, sungguh hina dia, sungguh hina dia, seseorang yang bisa menjumpai masa senja kedua orang tuanya atau salah satu dari mereka, namun dia tidak bisa masuk surga."
PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

Post a Comment for "Orang Tua"

Pojok YAPIKA