Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

PENANGGULANGAN VIRUS CORONA DI PONPES AL-ISTIQOMAH BERSAMA DANRAMIL, KAPOLSEK, PUSKESMAS, DAN FORKOMPIMCAM PETANAHAN


Al-Istiqomah News, merebaknya virus corona atau COVID-19 di hampir seluruh wilayah baik Nasional maupun internasional tak dapat dielakkan lagi. Para pemerintah maupun rakyat bersinergi bersama dalam menanggulangi penularan virus tersebut. Selain itu juga selalu menghimbau dan mengingatkan bersama agar menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan baik dalam masyarakat, keluarga hingga lembaga pendidikan baik formal maupun non formal, termasuk pondok pesantren.
Pada hari ini Kamis, 26 maret 2020  Madrasah YAPIKA serta Pondok pesantren Al-Istiqomah Tanjungsari Petanahan, bekerja sama dengan beberapa lembaga seperti Dinas Kesehatan, Polsek Petanahan,  Puskesm serta Danramil kecamatan Petanahan mengadakan penyemprotan disinfektan guna menanggulangi dan mencegah penyebaran virus Corona di kalangan madrasah / pesantren. Sebanyak puluhan personil digerakkan guna membersihkan area pondok pesantren, kamar-kamar santri serta tak luput pula ruang kelas madrasah yang digunakan sebagai tempat pembelejaran para siswa maupun santri serta  sosialisasi singkat lewat mobil Pusling dari puskesmas petanahan. Kegiatan ini dihadiri oleh Danramil Petanahan, Kapten Inf. Sunarmo beserta anggota, Kapolsek Petanahan, AKP Masngudin beserta anggota, segenap Forkompimcam serta Puskesmas Petanahan ada juga Ibu Nining, Ibu Riska, Ibu indah dan Bapak Sumadi.
Sebelum melakukan penyemprotan, para personil beserta anggota yang tergabung dalam GERMAS atau Gerakan Masyarakat itu brifieng singkat bersama dewan pengasuh pondok pesantren Al-Istiqomah yaitu beliau KH Ali Muin Amnur Lc., M.Pd.I. beliau mengharapkan dengan adanya penyemprotan disinfektan ini benar-benar menghilangkan adanya potensi masuknya COVID-19 ini. Selain itu dengan adanya penyemprotan dari dinas kesehatan dan para GERMAS ini dapat menumbuhkan kesadaran dan kewaspadaan para santri Al-Istiqomah  maupun siswa YAPIKA dalam menghadapi COVID-19 di daerah Kebumen. Mengingat bahwa daerah kebumen sendiri telah muncul satu kasus pasien yang terkena virus Corona ini dan meninggal dunia.
Oleh Karena itu, selagi para personil menyemprotkan disinfektan ini, para siswa dihimbau untuk berkumpul di halaman madrasah maupun pesantren guna mendengarkan instruksi dari petugas Puskesmas terkait tentang penyebaran virus Corona atau COVID-19. Beberapa hal yang disampaikan yaitu penyebab seseorang dapat tertularnya virus, gejala-gejala yang ditimbulkan oleh virus hingga bagamana cara-cara menanggulangi agar senantyiasa terhindar dari virus ini. Namun sebelumnya pihak yayasan YAPIKA sendiri sudah melakukan beberapa pencegahan seperti penyemprotan disinfektan mandiri, kegiatan mencuci tangan serempak sebelum pembelajaran, senam bersama setiap pagi, hingga social distancing maupun physical distancing sesuai himbauan pemerintah. Selain itu pesantren Al-Istiqomah juga memberlakukan sistem lockdown lingkup lokal. Yaitu menghimbau agar segenap wali santri tidak menjenguk para putra-putrinya, serta melarang selain civitas pesantren untuk masuk area pondok pesantren jika tidak ada kepentingan tertentu. Langkah lain yang dilakukan yaitu melarang para santri yang sudah terlanjur di rumah karena sakit atau kepentingan tertentu agar tidak kembali ke pesantren hingga beberapa pekan.
Segenap civitas pesantren pun menyambut hangat akan kegiatan penyemprotan sekaligus sosialisasi singkat guna menanggulangi penyebaran virus corona di lingkungan pesantren. Karena pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan nonformal yang di dalamnya terdapat berbagai civitas seperti santri, kiyai, pengasuh dan masyarakat sekitar yang senantiasa bersosialisasi setiap harinya. Selain di pesantren, kegiatan Penyemprotan Desinfektan Lintas Sektor Petanahan ini juga dilakukan di faisilitas umum seperti Pasar, tempat ibadah, Balai desa dan Pondok Pesantren. Oleh karenanya kegiatan seperti ini patut untuk ditingkatakan di berbagai daerah baik lingkup lokal, nasional, maupun internasional.

PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

Post a Comment for "PENANGGULANGAN VIRUS CORONA DI PONPES AL-ISTIQOMAH BERSAMA DANRAMIL, KAPOLSEK, PUSKESMAS, DAN FORKOMPIMCAM PETANAHAN"

Pojok YAPIKA