Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
SABAR SA'DELO KANGGO SA'LAWASE

Dua Macam Dampak Rezeki -- oleh KH Ali Muin Amnur


1.Rezeki yang membuat kita lupa pada Allah SWT dan jauh dari Allah SWT
2.Rezeki yang membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT sehingga tidak pernah khawatir masalah rezeki



Hal yang perlu untuk selalu kita ingat adalah rezeki itu bermacam-macam, dan rezeki bukan hanya berupa materiil atau harta benda saja. Banyak dari kita yang sering menggunakan istilah rezeki ini dengan mengartikan uang, benda-benda berharga seperti emas, mobil, rumah dan lain semisalnya. Hal tersebut tentu sangat keliru karena rezeki merupakan suatu kenikmatan yang diberikan dari Allah SWT kepada semua hamba-Nya tanpa terkecualai. Entah dia seorang yang tua, muda, laki-laki, perempuan, sehat, sakit serta baik muslim maupun non muslim. Rezeki yang diberikan Allah ada yang bermanfaat bagi jasmani maupun rohani. Contoh yang berupa jasmani adalah kita diberi mata yang normal, kaki yang utuh, telinga guna mendengar serta anggota-anggota tubuh lain yang masih dapat digunakan dengan baik. Sedangkan rezeki rohani adalah berupa iman, islam, taqwa, hati yang bersih, akal yang sehat dan lain sebagainya.
Semua rezeki diatas akan membawa kita pada dua hal, yakni kebaikan dan keburukan. Rezeki yang membawa kepada keburukan dan kelak nantinya membuat celaka adalah rezeki yang membuat kita lupa kepada Dzat Yang Maha Pemberi Rizki sehingga berujung pada jauhnya diri kita kepda Allah SWT. Sedangkan mafhum mukholafahnya yakni rezeki yang membawa kepada kebaikan yaitu rezeki yang membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT serta tidak melalaikan diri berbakti kepada-Nya. Hal tersebut juga diiringi dengan tidak adanya rasa kekhawatiran diri terhadap rezeki yang telah dijamin oleh Allah SWT.
Oleh karenanya penting sekali bagi kita agarberhati-hati mentashorrufkan rezeki pemberian Allah SWT. Mentashorrufkan rezeki bisa dengan menggunakannya pada kebaikan, menshodaqohkan, selalu digunakan untuk kepentingan ibadah, kemashlahatan umat dan bermanfaat pada diri sendiri maupun orang lain yang dianjurkan dalam syariat islam.

Wallahu A'lam.

PON-PES AL - ISTIQOMAH
PON-PES AL - ISTIQOMAH Website resmi dari Yayasan Pendidikan Al-Istiqomah Karya Guna (YAPIKA), Tanjungsari, Petanahan, Kebumen, Jawa Tengah, 54382.

Post a Comment for "Dua Macam Dampak Rezeki -- oleh KH Ali Muin Amnur"

Pojok YAPIKA